18 Game Android Gratis dan Paling Seru Dengan Ukuran Mini

Updated: 20 Game iOS & Android Paling Seru Dengan Ukuran Mini

Salah satu permasalahan utama yang dihadapi gamer selain sulitnya sarana membayar (kartu kredit) adalah ukuran game yang sangat besar. Contohnya XCOM: Enemy Unknown yang mempunyai ukuran 3.2 GB atau Gangstar Vegas dengan ukuran 2.5 GB. Tapi kita tahu bahwa tidak perlu game dengan ukuran sebesar itu untuk bisa menikmati sebuah game yang seru dan bagus. Itu mengapa saya sudah memilihkan 20 game iOS dan Android seru dengan ukuran mini alias di bawah 50 MB.
Catatan: 50 MB disini adalah ukuran install awal. Seiring penambahan level dari sang developermaka ukuran game-nya akan bertambah besar seperti yang terjadi dengan Despicable Me.


Hero Siege

Hero Siege | Screenshot 3
Hero Siege adalah game roguelike dengan lebih dari 100 items dan 40 jenis musuh. Roguelikeberarti kamu tidak akan menjalani level yang sama karena semuanya di acak, mulai dari musuh, letak objek, sampai dengan jenis item yang akan drop. Hero Siege menggunakan kontrol dual shooter yang cukup mudah untuk digunakan. Awalnya kamu mungkin akan sedikit bosan membantai monster namun seiring item-item aneh dan langka mulai berjatuhan kamu akan mulai ketagihan untuk terus mencari item lain yang lebih langka.
Google Play Link: Hero Siege, Gratis

Fiz: The Brewery Management Game

Fiz- The Brewery Management Game | Screenshot
Jika kamu mencari sebuah game management dengan kualitas tinggi dengan ukuran yang kecil, makaFiz: The Brewery Management Game adalah game yang harus kamu punya. Yang unik dari game ini adalah temanya yang menggunakan pabrik bir, namun walaupun terdengar sederhana kamu tetap harus mengatur banyak aspek mulai dari resep, pegawai sampai dengan peralatan brewingFiz: The Brewery Management Game mendapat nilai sempurna dari Games in Asia.

Rock Runners

Rock Runners | Screenshot
Inti dari Rock Runners adalah berlari, melompat dan berayun untuk mencapai garis finish. Karakter kamu akan otomatis berlari ke depan menerjang platform yang berbahaya mulai dari barang-barang yang ditaruh sembarangan, limbah berwarna hijau yang tidak boleh diinjak dan lain-lain. Tap dimana saja dan karakter kamu akan melompat. Nantinya kamu juga akan sering melihat sebuah hook dimana karakter kamu akan otomatis berayun layaknya Spider Man jika kamu meloncat di dekat hook. Rock Runners terdiri 140 level gratis yang langsung bisa kamu downloaddi bawah.
Google Play Link: Rock Runner, Gratis

Time Surfer

Time Warp | Screenshot 1
Secara mendasar Time Surfer mempunyai gameplay yang sangat mirip dengan Tiny Wings. Namun ada begitu banyak perbedaan yang membuat Time Surfer terasa original seperti sistem pet dan juga kemampuan untuk memundurkan waktu jika kamu terjatuh dalam sebuah jurang. WalaupunTime Surfer mempunyai ukuran yang kecil namun jumlah gameplay time yang akan kamu dapatkan akan cukup untuk membuat kamu sibuk dalam jangka waktu seminggu.
Google Play Indonesia: Time Surfer, $0.86

Gibbets

Gibbets | Screenshot 3
Di Gibbets 2, kamu akan diberikan sebuah busur panah dimana tugas kamu adalah menyelamatkan orang-orang yang sedang digantung. Cara kamu menyelamatkan orang-orang itu terbilang sangat mudah, yaitu cukup dengan memotong tali yang menggantung orang-orang tersebut dengan tembakan busur kamu. Kontrol di game ini juga sederhana, kamu tinggal tap dan tarik ke arah belakang panah kamu untuk mengatur kekuatan serta arah dari busur panah yang ingin kamu lepaskan.
Google Play Link: Gobbets, Gratis

Reaper

Reaper | Screenshot 2
Saya tidak akan berkata banyak mengenai game yang satu ini selain: wajib punya. Reaper mempunyai gameplay yang unik, grafis memukau dan semua yang kamu cari dari sebuah action RPG.
Google Play Link: Reaper, Gratis

Elevator Joe

Elevator Joe | Screenshots
game dengan ukuran 31 Megabyte ini akan membuat kamu merasakan bagaimana rasanya menjadi pengatur lift. Bermain Elevator Joe selain menyenangkan juga akan melatih kemampuan kamu untuk menjadi lebih efektif. Kamu akan diminta untuk mengantarkan banyak orang dengan tujuan lantai yang berbeda-beda dan dalam waktu yang ditentukan. Pertama-tama game ini terasa mudah namun seiring game berlangsung kamu akan dipaksa untuk semakin efektif. Ini merupakan sesuatu yang jarang didapatkan dari sebuah mobile game, bermain sekaligus melatih fokus.
Google Play Link: Elevator Joe, Gratis

Ramen Chain

Ramen Chain | Screenshot 1
Ramen Chain adalah salah satu game lokal terbaik dengan tema time management. Kamu bertugas untuk mengambil alih sebuah warung ramen dan mengembangkannya sampai menjadi warung ramen nomor satu. Ramen Chain mempunyai gameplay yang umum namun TouchTen berhasil membuatnya tetap menarik bagi pemain untuk terus memainkan game ini sampai tamat.
Google Play Link: Ramen Chain, Gratis

Hero Forge

Hero Forge | Screenshots 1
Hero Forge pada dasarnya adalah game match 3 tile, namun sang developer berhasil membungkus game ini dengan cara yang unik sehingga nilai baru. Sebagai permulaan tile yang harus kamu cocokkan terdiri dari kubus 3D. Selain itu juga terdapat karakter yang akan menyerang musuh ketika kamu berhasil mencocokkan tile ini. Sang karakter juga dapat menggunakan armor dan skill sehingga selain puzzle kamu juga akan menemukan sedikit elemen RPG. Dan sebagai penutup yang cukup manis, Hero Forge juga mempunyai fitur multiplayer dimana kamu dapat beradu dengan pemain lain dari seluruh dunia.
Google Play Link: Hero Forge, Gratis

Clash of Clans

Clash of Clans | Screenshot 3
Saya tahu game ini memang sudah sangat mainstream namun itu juga salah satunya karena memang game ini seru abis. Memang membutuhkan koneksi untuk dapat dimainkan tapi tidak terlalu besar dibandingkan keseruan yang akan didapat. Sayangnya game ini belum tersedia untuk Android, namun kamu bisa mencoba Battle Dragons yang mempunyai gameplay sangat serupa.
Google Play Link: Battle Dragons, Gratis

Jetpack Joyride

Jetpack Joyride | Featured
Game ini memang sudah sangat jadul namun jarang sekali ada game endless runner yang dapat membuat saya memainkannya terus selama 1 tahun penuh. Jika kamu belum pernah memainkan game yang satu ini maka coba saja sendiri dan buktikan bahwa perkataan saya salah. Tebakan saya, begitu kamu download kamu juga akan otomatis menjadi fans berat Jetpack Joyride!
Google Play Link: Jetpack Joyride, Gratis


Space Hero Saga

Space Hero | Screenshot 4
Tugas kamu dalam game ini adalah melempar sang karakter utama kita dari sebuah planet ke planet lainnya sambil mengumpulkan monster-monster yang ada. Konsepnya gamenya tidak pasaran dan kualitas grafisnya juga lumayan. Recommended.
Google Play Link: Space Hero, Free

Quadropus Rampage

Quadropus Rampage | Screenshot 3
Quadropus Rampage merupakan salah satu game yang aneh, berwarna dan seru. Kamu akan bermain sebagai gurita yang harus membasmi musuh dan terus turun ke dasar laut untuk bertemu sang musuh bebuyutan. Yang unik adalah ada banyakkkkk sekali senjata di game ini yang dapat kamu gunakan mulai dari gunting, raket tenis, batang pohon dengan seekor binatang yang masih memeluk batang tersebut dan lainnya.
Google Play Link: Quadropus Rampage, Free

Coin Wish

Coin Wish | Screenshot 2
Coin wish sebenarnya meniru konsep Coin Drop! namun dengan satu perbedaan mendasar, Coin Wish tersedia secara gratis. Konsepnya gamenya sederhana dimana kamu cukup menjatuhkan koin untuk mengumpulkan score sebanyak-banyaknya. Saya menghabiskan 2 jam lebih tanpa terasa ketika memainkannya. Wajib coba!
Google Play Link: Coin Wish, Free

Mega Run

Mega Run | Screenshot 4
Lihat gambar di atas dan katakan bahwa itu tidak membuat kamu tertarik untuk mendownload dan memainkannya. Masih perlu saya jelaskan mengenai gamenya? Tidak? Bagus, mulailah download kalau begitu.

Into The Dead

Into The Dead | Screenshot 1
Ukurannya sekitar 40MB namun kualitas grafisnya terbilang cukup baik. Ini adalah game endless runner dimana kamu harus lari sambil menghindari zombie-zombie yang ada. Keren dan seru. Baca review GameSaku untuk mengetahui lebih lanjut mengenai game ini.
Google Play Link: Into the Dead, Free

Super Stickman Golf 2

Super Stickman Golf 2 | Screenshot 2
Game yang satu ini memang mempunyai grafis yang sederhana namun gameplaynya sangat seru dan disaat yang sama juga sederhana. Jangan harapkan sebuah course golf yang normal karena design level dari SSG 2 sangatlah extreme. Sayangnya untuk versi iOS game ini berbayar namun pengguna Android dapat mendownloadnya dengan gratis lewat Google Play.
Google Store Link: Super Stick Golf 2, Gratis

Despicable Me: Minion Rush

Despicable Me Minion Rush | Screenshot
Game endless runner yang satu ini mempunyai ukuran yang kecil namun kualitas grafisnya sangat bagus sekali dan siapa yang bisa tahan melihat kelucuan minion-minon kuning ini? Wajib punya game yang satu ini.
Google Play Link: Despicable Me, Free
no image
Item Reviewed: 18 Game Android Gratis dan Paling Seru Dengan Ukuran Mini 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!